Pertemuan ke-9: Aritmetika Komputer

Pada pertemuan kesembilan kuliah Arsitektur dan Organisasi Komputer akan dibahas operasi aritmetika yang digunakan pada sistem komputer. Operasi ini dilakukan pada unit aritmetika dan logika (Arithmetic and Logic Unit (ALU)) yang berada dalam chip prosesor. Sub bahasan pada pertemuan ini meliputi ALU, pernyataan integer, negasi, rentang bilangan, operasi aritmetika (penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian), bilangan riil dan operasi aritmetik bilangan riil, dan standar floating point.  Slide yang digunakan pada pertemuan ini dapat diunduh melalui link berikut ini.

Slide 9 bagian 1
Slide 9 bagian 2
Slide 9 bagian 3
Slide 9 bagian 4

 

Pertemuan ke-8 Arsitektur dan Organisasi Komputer: Dukungan Sistem Operasi

Pada pertemuan kedelapan kuliah Arsitektur dan Organisasi Komputer dengan pokok bahasan dukungan sistem operasi akan mengulas sub topik berikut: tujuan dan fungsi, layanan sistem operasi, tipe sistem operasi, perkembangan sistem operasi, sistem batch, time sharing, penjadualan, dan kontrol proses. Slide yang digunakan pada pertemuan kedelapan ini dapat diunduh melalui link-link berikut.

Slide 8 bagian 1
Slide 8 bagian 2
Slide 8 bagian 3
Slide 8 bagian 4
Slide 8 bagian 5
Slide 8 bagian 6

 

Pertemuan  ke-7: Input-Output

Pada pertemuan ketujuh kuliah Arsitektur dan Organisasi Komputer akan dibahas tentang Input dan Output. Sub pokok bahasan dalam pertemuan ini meliputi: permasalahan input-output. modul input-output, perangkat eksternal, teknik-teknik input data, pengalamatan I/O, isu perancangan, dan perangkat I/O saat ini (DMA, Firewire, USB, dll). Slide presentasi yang digunakan pada pertemuan keenam ini dapat diunduh melalui link-link berikut ini.

Slide 7 bagian 1
Slide 7 bagian 2
Slide 7 bagian 3
Slide 7 bagian 4
Slide 7 bagian 5
Slide 7 bagian 6
Slide 7 bagian 7

 

Pertemuan ke-6: Memory Eksternal

Pertemuan keenam dalam kuliah Arsitektur dan Organisasi Komputer akan membahas Memory Eksternal yang meliputi sub pokok bahasan berikut: jenis-jenis memory eksternal, magnetic disk, optical disk, dan magnetic tape. Cara kerja, struktur, form factor, dan kinerja dari masing-masing jenis memory eksternal akan dibahas secara detil. Slide presentasi yang digunakan dalam pertemuan keenam ini dapat diunduh melalui link-link berikut ini.

Slide 6 bagian 1
Slide 6 bagian 2
Slide 6 bagian 3
Slide 6 bagian 4
Slide 6 bagian 5

 

Pertemuan ke-5 : Memory Internal

Pada pertemuan kelima kuliah Arsitektur dan Organisasi Komputer akan dibahas mengenai Memory Internal (Internal Memory) yang meliputi beberapa sub pokok bahasan. Secara berurutan sub pokok bahasan dalam pertemuan ini adalah jenis memory semikonduktor, RAM dinamis dan RAM statis, ROM, pengorganisasin memory, koreksi kesalahan, SDRAM, RAMBUS, DDR, dan Cache DRAM. Slide yang digunakan dalam pertemuan kelima ini dapat diunduh melalui link-link berikut ini.

Slide 1
Slide 2
Slide 3

 

Pertemuan ke-4 kuliah Arsitektur dan Organisasi Komputer

Memory Cache

Pertemuan keempat kuliah Arsitektur dan Organisasi Komputer membahas memory chace (cache memory) yang meliputi jenis-jenis memory berdasarkan beberapa kriteria, hierarki, perancangan cache, pengalamatan (pengorganisasian), dan review memory yang digunakan saat ini. Materi yang dibahas pada pertemuan ini akan mendasari pembahasan dari materi yang akan disampaikan dalam beberapa pertemuan berikutnya. Sehingga tingkat penguasaannya akan mempengaruhi proses belajar berikutnya. Slide yang digunakan pada pertemuan keempat ini dapat diunduh melalui link-link berikut ini.

Slide 1
Slide 2
Slide 3
Slide 4
Slide 5

 

Pertemuan ke-3: Sistem Bus

Pada pertemuan ketiga kuliah Arsitektur dan Organisasi Komputer akan dibahas tentang sisten bus pada sistem mikroprosesor. Sub topik yang dibahas meliputi program, unit kontrol, siklus instruksi, interup, persambungan, modul-modul komputer, sistem bus, bus data, bus alamat, bus kontrol, bus tunggal dan bus jamak, pewaktuan, dan jenis-jenis bus. Slide yang digunakan pada pertemuan ketiga dapat diunduh melalui link-link berikut ini.

Slide 1
Slide 2
Slide 3
Slide 4

 

Pertemuan 2: Evolusi dan Kinerja Komputer

Pada pertemuan kedua kuliah Arsitektur dan Organisasi Komputer dipaparkan mengenai perkembangan komputer sejak komputer generasi pertama hingga generasi yang digunakan saat ini. Teknologi yang digunakan, fitur-fitur baru yang dikembangkan, kinerja komputer, dan kriteria penentu kinerja komputer dibahas secara mendalam pada pertemuan kedua ini. Slide dibagi dalam beberapa bagian.

02_Evolusi Komputer dan Kinerjanya-bagian 1,
02_Evolusi Komputer dan Kinerjanya-bagian 2
,
02_Evolusi Komputer dan Kinerjanya-bagian 3,
02_Evolusi Komputer dan Kinerjanya-bagian 4

 

Pada pertemuan pertama matakuliah Arsitektur dan Organisasi Komputer untuk Program Studi Pendidikan Teknik Informatika. Slide presentasi ini diadopsi dari slide yang dimuat di situs www.williamstallings.com yang telah di-Indonesiakan dengan tujuan agar mudah dipahami (?). Slide dibagi dalam beberapa file kecil berikut ini.

01_Pendahuluan-bagian 1,
01_Pendahuluan-bagian 2

 

Tujuan

Memberikan pengetahuan dan pemahaman pada mahasiswa ten-tang arsitektur dan organisasi komputer, yang berkaitan dengan: evolusi dan kinerja komputer, bus-bus sistem, memori internal dan eksternal, input/output, dukungan sistem operasi, aritmatika kom-puter, set instruksi, struktur dan fungsi CPU, RISC, Prosesor Su-perskalar, unit kontrol, kontrol termikroprogram, serta organisasi paralel.

Deskripsi

(1) Evolusi dan kinerja komputer: sejarah, perancangan kinerja, dan studi kasus evolusi Pentium dan Power PC; (2) Bus-bus sistem: komponen dan fungsi komputer, struktur interko-neksi, PCI, serta futurebus+; (3) Memori internal: sistem memori komputer, memori utama, cache, serta DRAM; (4) Memori eksternal: magnetic disk, RAID, optical memory, serta pi-ta magnetik; (5) Input/output: perangkat eksternal, modul I/O, I/O terprogram, in-terupt-driven I/O, DMA, saluran I/O dan prosesor, serta interface eksternal; (6) Dukungan Sistem Operasi: deskripsi SO, penjadualan, serta ma-najemen memori; (7) Aritmatika komputer: ALU, representasi integer, aritmatika inte-ger, representasi floating point, dan aritmatika floating point; (8) Set instruksi: karakteristik, jenis operand, jenis operasi, serta ba-hasa rakitan; (9) Set instruksi: pengalamatan dan format instruksi; (10) Struktur dan fungsi CPU: organisasi prosesor, organisasi regis-ter, siklus instruksi, pipeline instruksi, dan studi kasus Prosesor Pentium dan Power PC; (11) RISC: karakteristik eksekusi instruksi, file register, optimasi re-gister berbasis kompilator, Reduced Instruction Set Architect-ure,  pipeline RISC, RISC vs CISC, serta studi kasus Motorola 8800 dan MIPS R4000; (12) Prosesor Superskalar: tinjauan, masalah rancangan, serta studi kasus Power PC dan Pentium; (13) Unit Kontrol: operasi mikro, kontrol CPU, serta implementasi hardwired; (14) Kontrol termikroprogram: konsep dasar, pengurutan instruksi mikro, eksekusi instruksi mikro, studi kasus pada TI 8800, serta aplikasi pemrograman mikro; (15) Organisasi paralel: multiprosesing, koherensi cache dan proto-kol MESI, komputasi vektor, serta prosesor paralel.

Rujukan:

[1]   Stallings, William. 2005. Computer Organization and Architectu-re Designing for Performance. New Yersey: Prentice-Hall.

© 2011 Belajar, Berbagi Suffusion theme by Sayontan Sinha
web tasarim